Membuat website wiki dengan Software MediaWIki



Software MediaWiki

Membuat website dengan mediawiki
Seperti yang telah kita bahas pada posting sebelumnya yaitu kita dapat membangun website wiki Software ataupun Dengan membuat sendiri (cara ini anda harus mengerti bahasa pemrograman).

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat website wiki dengan salah satu software dari wiki yaitu MediaWiki. salah satu keuntungan menggunakan MediaWiki adalah penggunaanya yang sudah familiar dari segi tampilan dan juga fiturnya.

MediaWiki merupakan software Free dan Open Source, yang ditulis dengan menggunakan PHP dan mendukung Database MySQL dan PostgreSQL.

Kita akan memulai membuat website wiki dengan menggunakan Komputer kita sendiri (Komputer Local) sebagai webserver. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Siapkan infrastruktur, Pastikan anda telah menginstal webserver, (Umumnya menggunakan Apache,atau IIS), PHP, Database, MySQL, atau PostgreSQL.
  2. Download Software MediaWiki di link berikut http://www.mediawiki.org/wiki/download Download Current Version.
  3. Extract File Mediawiki yang telah anda download kedalam sebuah folder yang dapat diakses melalui HTTP. Contoh, Kita buat satu folder dengan nama mediawiki Extractlah file tersebut didalam folder yang baru anda buat tadi (mediawiki).
  4. Buka Browser anda, dan arahkan ke http://localhost/mediawiki/config. selanjutnya MediaWiki akan melakukan pemeriksaan environment, Jika telah memenuhi requirement, anda dapat memulai melakukan konfigurasi website.
  5. Konfigurasi yang harus diperhatikan adalah wiki name, contact e-mail, language (telah tersedia pilihan bahasa indonesia), copyright, username dan password untuk admin/maintenace. juga pengaturan e-mail untuk database.
  6. Setelah anda mengisikan konfigurasi dengan benar dan proses instalasi selesai, pindahkan file config/localSettings.php ke folder utama (mediawiki). File ini berisi ionformasi konfigurasi, termasuk didalamnya adalah username dan password yang telah anda tentukan sebelumnya.. karena itu, pastikan anda telah mengubah file permission (terutama jika website anda sudah live di internet), untuk menghindari pengguna yang tidak berhak membaca dan mengubah konfigurasi.
  7. Selanjutnya, arahkan ke http://localhost/mediawiki/index.php instalasi dasar MediaWiki telah selesai.
  8. Lakukan kustomisasi seperlunya, coba dan test pada webserver local sebelum di-publish ke internet. beberapa kustomisasi mungkin tidak dapat langsung berjalan mulus. Backup file konfigurasi LocalSetting.php sebelum mengeditnya.
  9. Pelajarilah cara membuat account dan mengedit halaman dengan menggunakan format yang telah ditentukan.

Jika anda telah menyelsesaikan langkah-langkah diatas dengan sempurna, anda dapat mencoba melakukan instalasi wiki anda di internet, dan melakukan testing sekali lagi, karena bisa jadi anda menemukan permasalahan yang berbeda pada Host sever internet.

Semoga dapat membantu, Salam Admin Sitelearning.

Link keposting ini : Membuat Website Wiki | Software MediaWiki

Baca Juga Artikel berikut :




Share your views...

0 Respones to "Membuat website wiki dengan Software MediaWIki"

Posting Komentar

Sebelum memberikan komentar, silahkan menjadi anggota sitelearning terlebih dahulu, Terimakasih

 

Langganan Artikel

Berlangganan posting Via Email:

Anggota Blog

FB Like